General Ledger

Masuk General Ledger 2017

Panduan Operasional Sistem – GL (General Ledger)

Latar Belakang

Definisi Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.  Sesuai definisi tersebut disimpulkan dengan sistem informasi aktivitas pekerjaan dapat dipermudah sehingga keakurasian data dan informasinya dapat dipertanggungjawabkan.

Dalam hal sistem informasi yang saat ini berkembang khususnya sistem informasi keuangan diharapkan menghasilkan output berupa laporan manajemen dan laporan keuangan yang secara periodik dapat  menyajikan data dan informasi secara andal, aktual dan faktual.

Pada tulisan ini mengulas tentang Sistem Informasi GL (General Ledger) sebagai salah satu sistem informasi di bidang keuangan yang mencakup di dalamnya proses penjurnalan hingga memunculkan laporan keuangan berupa Neraca, Aktivitas dan Arus Kas.

Institut Pertanian Bogor awalnya menerapkan dual sistem dalam pengelolaan keuangan yaitu SIMKEU dan GL. SIMKEU mencakup pengelolaan keuangan yang ada di unit kerja sedangkan GL meliputi transaksi yang ada di pusat yaitu pendapatan dan transaksi non kas.  Pada saat proses penyusunan laporan keuangan dilakukan dengan cara mengkompilasi data dari kedua sistem tersebut, hal ini dipastikan akan ada proses manual yang harus dilakukan karena terdapat dua data yang berbeda.  Mengantisipasi hal tersebut dan mengurangi kesalahan pada saat kompilasi maka di tahun 2017 ini akan diterapkan single entri on one system dengan menggunakan Sistem GL, artinya bahwa seluruh aktivitas pengelolaan keuangan yang ada di unit kerja termasuk transaksi belanja yang selama ini menggunakan SIMKEU akan dialihkan ke Sistem GL.  Proses migrasi sistem ini bertujuan untuk dapat membangkitkan laporan keuangan secara langsung tanpa dilakukan lagi proses kompilasi data.

Panduan operasional ini dibuat sebagai guidelines (pedoman) bagi Pemegang Kas Unit (PKU) pada saat akan mengoperasikan Sistem GL ini. ...( download panduan operasion)